34.3 C
Jakarta
Sunday, October 27, 2024
spot_img

Wilayah Kelurahan Kalibaru Mendapat Sosialisasi Pemetaan PTSL Tahun 2023 Dari BPN Kota Bekasi

paJagakampung.com, Kota Bekasi – BPN Kota Bekasi melakukan pengarahan Sosialisasi Pemetaan PTSL tahun 2023 di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria pada Senin, 28/08/2023.

Sosialisasi Pemetaan PTSL ini sengaja dilakukan untuk membuat peta bidang tanah yang ada di wilayah atau yang biasa disebut Puldasik (pengumpulan data fisik). Hal tersebut ditegaskan oleh Pak Sukra Alhamda selaku Korsub Pemetaan dan Tematik BPN Kota Bekasi pada sambutannya dalam kesempatan tersebut.

“Dalam puldasik ini nantinya yang bertugas terdiri dari 2 (dua) tim, yaitu tim fisik dan tim yuridis. Dan saat ini yang datang hadir di Kelurahan Kalibaru ini adalah dari  tim fisik” ujar Hamda.

Berita Lainya :  10 Tips Polri ke Masyarakat untuk Wujudkan Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia

Lebih jauh dijelaskannya, “untuk puldasik seluruh bidang tanah yang ada di setiap RW akan dipetakan terlebih dahulu baik yang bersertifikat ataupun yang tidak karena untuk bidang tanah yang bersertifikat dibawah tahun 2010 masih belum di aksep sepenuhnya dalam komputerisasi BPN,” ungkapnya memaparkan.

“Dan dalam puldasik ini akan dibentuk Masdasik yaitu masyarakat pengumpul data fisik yang nantinya diisi oleh para pengurus RW & RT yang ada diwilayah tersebut dengan didampingi oleh staff dari BPN Kota Bekasi. Dan saat dilakukan pendataan, bidang-bidang tanah yang belum disertifikat untuk di data terlebih dahulu oleh pihak-pihak RW,” ujarnya secara lugas.

Berita Lainya :  PANTAU PERKEMBANGAN SITKAMTIBMAS, GEGANA LAMPUNG HADIR MELALUI GIAT PATROLI

Lurah Kalibaru, Fitria dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa kedatangan tim dari BPN ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat Kelurahan Kalibaru. “Yang mana hal tersebut merupakan momen permulaan bagi warga masyarakat untuk mengenal apa itu program PTSL (Pendataan Tanah Sistematis Lengkap),” ujarnya.

“Dan melalui momen pendataan ini, nantinya program PTSL diharapkan akan berjalan di tahun berikutnya di wilayah kita. Karena persyaratan Puldasik menjadi salah satu syarat mutlak untuk melakukan dan menjalankan program PTSL ini,” ungkap wanita enerjik ini memaparkan.

Berita Lainya :  Ada Apa Dengan Tol Becakayu, Usai Dibangun Kok Tiang Dibongkar Kembali… ??!

Lurah Kalibaru ini juga memberikan sesi tanya jawab dalam kesempatan tersebut, yang disambut antusias oleh warga yang hadir. Sesi tanya jawab ini sengaja dilakukan guna memberikan motivasi bagi warga masyarakat untuk lebih memahami program PTSL tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kelurahan Kalibaru, para Kepala Seksi, Babinsa dan Babinkamtibmas serta para pengurus RW yang ada di 01 s/d 09 se-Kelurahan Kalibaru. (JtM)

Related Articles

JAGAKAMPUNG TV

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Berita Saatkita News