CUPLIKAN BERITANASIONALSUARA WARGA KAMPUNGTEKNO
Trending

Pelayanan DropBox Jadi Solusi Aturan Tatanan Baru New Normal

Jagakampung.com, Kota Bekasi –  Tatanan baru pelayanan publik ditengah masa transisi baru “new normal”, perlu menjadi kajian penting bagi aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pasca berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penerapan “new normal” diharapkan tidak membawa birokrasi kembali pada jalur tradisional seperti sebelumnya. Namun menuju dan berkembang pada habituasi birokrasi baru yang lebih mengedepankan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pelayanannya. Karena hal tersebut harus sesuai dengan aturan tatanan baru yang ada saat ini.

Sosok Sekretaris Kelurahan Duren Jaya, Suaebah SPd I, MSi

Hal ini pula yang memacu semangat Sekretaris Kelurahan Duren Jaya, Suaebah SPd.I, MSi untuk membuat program pelayanan prima berbasis kepada masyarakat yaitu sistem pelayanan DropBox RW.

Saat disambangi media usai rapat di Kecamatan, Kamis 18/06/2020, Suaebah SPd.I, MSi menuturkan secara esklusif kepada media tentang langkah kongkret dari sistem yang dibuat nya ini. “Sistem yang saya buat mengadaptasi dari sistem jemput bola, yang mana pola ini dibuat agar pelayanan masyarakat lebih dekat dengan rumahnya dan tidak perlu repot serta mesti jauh-jauh datang ke kantor Kelurahan cukup hanya melalui RW masing-masing dan dari sana tim pamor (petugas monitoring) akan membawa semua berkas ke Kelurahan serta Kecamatan,” paparnya secara terperinci.

dok. Sebelum pandemi Covid, bersama Tim Pamor Kelurahan Duren Jaya bekerja dengan sepenuh hati

“Sistem ini terbersit di benak saya bermula ketika semua Sekretaris Kelurahan di kumpulkan oleh Camat Bekasi Timur beberapa minggu lalu, yang diberikan pengarahan agar membuat inovasi sistem pelayanan masyarakat untuk semakin lebih dekat dan dapat lebih dipercepat serta sekaligus dapat menghindari kerumunan masyarakat,” ungkapnya lebih lanjut.

“Dan saya masih ingat pesan Camat bahwa ASN merupakan pelayan masyarakat. Hal tersebut yang semakin memotivasi saya untuk membuat sistem ini,” ujarnya menambahkan.

dok. Sebelum pandemi Covid, ASN adalah pelayan masyarakat

Penerapan sistem DropBox RW akan mulai dilakukan oleh Kelurahan Duren Jaya sebagai bagian dari pelayanan prima terhadap masyarakat pasca masa transisi New Normal. Warga hanya dikasih kontak dan siap menunggu di rumah. Setelah dokumen selesai, diantarkan kembali ke DropBox RW, siap di serahkan kembali kepada warga. Namun terkecuali masalah validasi data bisa datang langsung ke Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcasip).

dok. Saat sebelum Pandemi Covid, bersama dengan Tim Pamor dan RW bekerja dengan sepenuh hati.

Pelayanan DropBox bertujuan mengoptimalkan  peran dan fungsi RW Siaga yang sudah ada di Kelurahan Duren Jaya agar lebih produktif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat. Dan tetap menggunakan aturan protokol kesehatan yang berlaku.

dok. Penyerahan Buku Agenda DropBox oleh Sekel Duren Jaya kepada Ketua RW 10 didampingi oleh Kasie Permasbang, Teti Sumiyatiningsih,Spd Msi dan Pamor, Regitha.

“Jadi penerapan sistem ini merupakan sinergitas yang baik antara pemerintahan melalui pihak kecamatan dan kelurahan serta RW dan RT dalam melayani masyarakat, layanan yang responsif, empatik, andal, terjamin, dan bertanggung jawab tetap dijalankan secara utuh dalam rangka mencapai kualitas pelayanan tertinggi. ” pungkasnya mengakhiri.(J4N5)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close