CUPLIKAN BERITANASIONALSUARA WARGA KAMPUNG
Trending

Kelurahan Duren Jaya Mulai Distribusikan Bansos Non DTKS Dari Pemkot Bekasi

Jagakampung.com, Kota Bekasi – 3 hari setelah pelaksanaan PSBB ditetapkan, Jumat (17/04/2020), Pemerintah Kota Bekasi mulai menyalurkan distribusi bantuan sosial tahap pertama bagi masyarakat non DTKS melalui masing-masing kelurahan di setiap wilayah. Yang selanjutnya pendistribusian bantuan sosial ini akan dilakukan oleh petugas pemantauan dan monitoring (Pamor) di wilayah dan diberikan langsung kepada warga masyarakat non DTKS.

Seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Duren Jaya, sebanyak 357 paket sembako bagi warga non DTKS mulai di angkut dengan menggunakan truk dari Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi menuju ke kantor kelurahan. Selanjutnya dengan dipimpin oleh Lurah Fredi, seluruh staff kelurahan Duren Jaya mulai melakukan dan mengatur pendistribusian bantuan ini berdasarkan pendataan warga di masing-masing RW yang telah diverifikasi dan divalidasi.

Lurah Duren Jaya, Fredi saat dikonfirmasi oleh wartawan disela-sela kesibukannya mendata sejumlah nama daftar RW dan kebutuhannya menyatakan bahwa pendistribusian bantuan sosial bagi warga masyarakat non DTKS ditetapkan berdasarkan Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor 460/Kep.226-Dinsos/IV/2020 Tanggal 15 April 2020.

“Pemerintah Kota Bekasi telah menyiapkan bantuan sosial bagi warga non DTKS sebagai bagian dari upaya Pemkot dalam mengantisipasi dampak PSBB terhadap ekonomi masyarakat, kan sudah jelas Bang, bahwa hal ini tertuang di Keputusan Walikota No.460,” ungkapnya secara gamblang.

Lebih lanjut dipaparkan oleh Lurah ini bahwa warga masyarakat non DTKS itu adalah warga masyarakat yang masuk kategori RTM (Rumah Tangga Miskin) yang terdiri atas dua kategori yaitu DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan Non DTKS. Jadi RTM Non DTKS artinya Rumah Tangga Miskin yang tidak terdaftar di Data Terpadu Kesejateraan Sosial atau yang tidak mendapatkan PKH, KIP atau KIS.

“Jadi perlu diingat dan digaris bawahi juga bagi masyarakat, bantuan sosial ini diberikan khusus bagi warga non DTKS, bagi yang belum mendapatkan agar dapat bersabar,” ungkapnya mengakhiri.

Berdasarkan pantauan media di Kelurahan Duren Jaya hingga jam 00.00 WIB, tampak sejumlah staff kelurahan dengan didampingi oleh sejumlah RW terlihat masih hilir mudik menggunakan gerobak motor (baktor) mengangkut bantuan sosial keluar masuk kelurahan. (J4N5)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close