CUPLIKAN BERITANASIONALSUARA WARGA KAMPUNG
Trending

Inilah Kelurahan Peringkat Pertama Penerimaan PBB se-Kota Bekasi Tahun 2020

Jagakampung.com, Kota Bekasi -Masuk peringkat pertama se-Kota Bekasi dalam realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Lurah Jaticempaka menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat dan terhadap program pemerintah pusat maupun daerah yang ikut berperan mendorong kesuksesan tersebut, serta mengapresiasi kinerja seluruh petugas Pemantau Monitoring (pamor) Kelurahan Jaticempaka. 

Didampingi Abdul Muin, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan (Kasi Permasbang) Kelurahan, Drs. Asepudin, M. Si, sebagai Lurah Jaticempaka menyampaikan, “Pertama tentunya saya ucapkan terima kasih atas adanya program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap – Red) akhirnya dalam rangka pembayaran PBB, ternyata masyarakat itu jadi lebih antusias,” ungkap Drs. Asepudin, M. Si, kepada media ini, saat ditemui diruang kerjanya pada, Kamis (18/06/2020) pagi.

“Yang kedua berkaitan dengan diskon yang 15 % yaa,” ungkap Lurah seraya melempar pertanyaan kepada Abdul Muin, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan (Kasi Permasbang) Kelurahan Jaticempaka.

Hal tersebut langsung disambut oleh Abdul Muin diwaktu bersamaan, “Ya betul termasuk diskon 15% yang diberikan karena adanya pandemi covid ini,” ujarnya.

dok. Abdul Muin, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan (Kasi Permasbang) Kelurahan Jaticempaka (kanan depan), Drs. Asepudin, M. Si, Lurah Jaticempaka (kiri belakang)

“Yang pertama kita lakukan terkait PBB itu, pendekatan langsung kepada ketua RT dan RW, terus selanjutnya disosialisasikan ke masyarakat dengan melalui kegiatan-kegiatan di wilayah seperti, kerja bakti, terus kemarin ada Halal Bihalal atau pertemuan-pertemuan warga dan khususnya melalui program saba kampung,” tuturnya menjelaskan program Kelurahan Jaticempaka dalam penagihan PBB kepada masyarakat. 

Yang kedua, tambahnya, “Kita lakukan pengetiman PBB dari pamor, jadi Sabtu Minggu itu kita semua pamor yang ada di kelurahan Jaticempaka untuk RT dan RW di jadwal keliling,” jelas Abdul Muin menambahkan.

Lebih jauh Abdul Muin menjelaskan bahwa diluar tugas pengetiman hari Sabtu dan Minggu oleh pamor, mulai hari Senin sampai dengan Jum’at dilakukan juga “door to door” agar setiap pamor dapat menyetorkan minimal 2 SPPT PBB per harinya sesuai dengan penugasan pamor di wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya jumlah SPPT PBB pada Tahun 2020 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede sebanyak 10.654 dengan target SPPT PBB senilai Rp. 4.628.159.682,-. Dari kegiatan yang dibiasakan tersebut, Kelurahan Jaticempaka menjadi peringkat pertama dalam realisasi penerimaan PBB se-Kota Bekasi saat ini. Berdasarkan Peringkat Realisasi Penerimaan PBB Pokok dan Tungakan tingkat Kelurahan Buku 1, 2, 3, dalam wilayah Kota Bekasi, dari 01 Januari 2020 sampai dengan tanggal 11 Juni 2020, Kelurahan Jaticempaka berada pada peringkat pertama presentase penerimaan PBB se-Kota Bekasi, yaitu 46,02 % senilai Rp. 2.130.022.306,-. Selain itu, sisa ketetapan PBB berikutnya sebanyak Rp. 2.498.137.376,-.

Meskipun begitu, tidak lupa Abdul Muin juga mengingatkan bahwa, posisi ini tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu dapat berubah sampai dengan akhir tahun 2020. Pasalnya ada Kelurahan Jatimakmur yang menyusul, dengan penerimaan PBB sebanyak Rp. 2.162.388.890,- (44,34 %), yang berada di peringkat kedua, dan Kelurahan Jatibening Baru dengan penerimaan PBB sebanyak Rp. 1.829.450.181,- (42,67 %) pada peringkat ketiga se-Kota Bekasi. (And)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close