28.2 C
Jakarta
Monday, October 28, 2024
spot_img

Jatimurni Siap Raih Kembali Juara Lomba Kinerja Kelurahan

Jagakampung.com, Kota Bekasi – Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati siap maju menghadapi Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021. Kegiatan penilaian berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Jumat (04/06/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini, anggota DPRD Kota Bekasi, dr. Janet Aprilia Stanzah, Danramil 02/Pondokgede, Mayor Inf Rahmat Triyono, Camat Pondok Melati, Jaya Eko, Sekretaris Kecamatan Pondok Melati, Namar, jajaran Lurah se-Kecamatan Pondok Melati, Kasi se-Kelurahan Jatimurni, Kepala KUA, Kepala Puskesmas, Satpol PP, Kader PKK Posyandu, Ketua LPM dan BKM, para Ketua RW/RT dan sejumlah Tokoh Masyarakat.

Salah satu Tim Penilai dari Unisma untuk Bidang Pemerintahan, Yanto menyebutkan bahwa penilaian yang dilakukan di Kelurahan Jatimurni ini adalah jadwal penilaian terhadap peserta yang ke 7 dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi. Masing-masing Kecamatan menunjuk 1 Kelurahan, untuk mengikuti Lomba tersebut.

Dok.Foto : Salah satu perwakilan dari Bidang Kemasyarakatan saat sedang memberikan hasil reviewnya.

Pelaksanaan kegiatan ini menghadirkan Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan, yang terdiri dari berbagai Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Sebagai indikator dalam penilaian Lomba Kinerja Kelurahan, Tim di bagi menjadi tiga bagian untuk membidangi Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

Berita Lainya :  Pastikan Pengamanan, Kapolda Banten Cek Langsung Tempat Penyimpanan Vaksin Sinovac Di Gudang Dinkes Provinsi Banten

Dari podium utama, Tim Penilai menjelaskan teknis pelaksanaan di awal kegiatan, yang menjadi kriteria Penilaian Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi. Kriteria penilaian itu diantaranya seperti, Kesesuaian, Pengisian, Evaluasi Perkembangan Kelurahan sesuai dengan instrument yang ada pada Tim Penilai memiliki nilai sebesar 50%.

Selanjutnya ada Kemampuan Ekspos Mutualisme, kriteria ini mempunyai nilai sebesar 20%, serta Inovasi atau Partisipasi Masyarakat terhadap Produk Unggulan yang ada di Kelurahan Jatimurni dengan nilai 30%.

Dok. Foto : Camat Pondok Melati, Jaya Eko saat memberikan keterangan kepada media di lokasi kegiatan.

Berdasarkan keterangan Camat Pondok Melati, Jaya Eko membenarkan bahwa Kelurahan Jatimurni ditunjuk untuk maju sebagai perwakilan Kecamatan Pondok Melati, dalam Lomba Kinerja Kelurahan tahun ini. Camat mengatakan dalam hal persiapan, “Kita menyiapkan perihal tentang pelayanan di Kelurahan, standartnya seperti apa saja dan SOP-nya seperti apa saja. Kedua tentang pembangunan yaitu, target-target yang harus dilaksanakan dan berapa yang sudah tercapai, berapa yang belum, itu kita persiapkan juga,” kata Jaya Eko. 

Berita Lainya :  Batalyon Arhanud 6/BAY Laksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Arhanud 6/BAY

Untuk diketahui sebelumnya bahwa pada tahun 2016 lalu Kelurahan Jatimurni menyabet Juara 1 Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kota Bekasi. Bahkan di tahun yang sama, Kelurahan Jatimurni juga ditunjuk untuk mengikuti Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kota Bekasi, dan hasilnya Juara I kembali di raih Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati kala itu.

“Nah untuk kesiapan lomba, Alhamdulillah kita sudah siap. Kita hanya mengkombain saja, data yang sudah ada dengan target di sesuaikan. Karena kesiapan kita, bisa disandingkan dengan Kecamatan yang lain. Kita sih berharap yang terbaik, saya, Kecamatan, Kelurahan, beserta seluruh komponen yang ada sudah berusaha maksimal dan mudah-mudahan Juara Satu. Kalaupun tidak, kita kembali ke garis tangan,” papar Camat Pondok Melati ini. 

Berita Lainya :  52 Warga Kelurahan Jatirangga Yang Isolasi Mandiri Dapat Suplai Sembako
Dok.Foto : Lurah Jatimurni, Abdul Barkah saat menyampaikan sejumlah persiapan kepada media.

Terlihat cukup menguasai perlombaan, Abdul Barkah selaku Lurah Jatimurni memaparkan secara gamblang persiapan yang telah dilakukan dirinya bersama dengan tim di Kelurahan Jatimurni, “apa yang kita lakukan tentunya berharap mempunyai value-added atau nilai tambah sehingga dapat mengangkat wilayah Jatimurni menjadi lebih baik,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, perwakilan Tim Penilai dari masing-masing bidang menyampaikan hasil reviewnya masing-masing. Pertama dari bidang kemasyarakatan yang terdiri dari Dinas DP3A, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP menjadi yang menyampaikan hasil reviewnya.

Perwakilan bidang pemerintahan yang terdiri dari UNISMA, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Bekasi, dan TWUP4 (Tim Wali Untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan) di Kota Bekasi menyampaikan review yang kedua.

Dan terakhir review ketiga dari perwakilan bidang kewilayahan diantaranya ada Dinas UMKM Kota Bekasi, Bapelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Bekasi, BPBD, dan Dinas Lingkungan Hidup. (Andrew)

Related Articles

JAGAKAMPUNG TV

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Berita Saatkita News