29.2 C
Jakarta
Sunday, October 27, 2024
spot_img

LPBI NU : Bergerak Cepat Bantu Korban Terdampak Kebakaran Hebat di Manggarai

Jagakampung.com, Jakarta Selatan, 17 Agustus 2024 – Kebakaran besar yang melanda permukiman padat penduduk pada pekan lalu di Jl. Dr. Saharjo, RW 06 & RW 012, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa, 13 Agustus 2024, pukul 17.00 WIB. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) melakukan aksi cepat tanggap untuk membantu warga yang terdampak.

Kebakaran ini mengakibatkan kerusakan parah pada rumah-rumah di wilayah RW 06 dan RW 012. Berdasarkan assesment awal yang dilakukan oleh LPBI NU, sebanyak 877 Kepala Keluarga (KK) dari RT 001 hingga RT 015 di RW 06 terkena dampak langsung, dengan total 2.597 jiwa yang terdampak. Di RW 012, kebakaran melanda RT 004, 006, 007, 008, 009, dan 010, yang melibatkan 295 KK dan 735 jiwa.

Berita Lainya :  Polsek Metro Penjaringan Gelar Kegiatan Jumat Curhat Untuk Meningkatkan Kamtibmas

Rincian Data Terdampak di RW 06 :

  • Lansia (Laki-Laki dan Perempuan): 150 Jiwa
  • Balita (Laki-Laki dan Perempuan): 170 Jiwa
  • Anak-Anak (Laki-Laki dan Perempuan): 500 Jiwa
  •  Remaja (Laki-Laki dan Perempuan): 600 Jiwa
  • Dewasa (Laki-Laki dan Perempuan): 1.177 Jiwa

Rincian Data Terdampak di RW 012 :

  •  Jumlah Terdampak: 735 Jiwa

LPBI NU telah mengidentifikasi kebutuhan mendesak bagi para korban kebakaran, yang meliputi alat-alat tulis, tas, baju sekolah, sepatu, pakaian dewasa dan anak-anak, pakaian dalam, makanan balita dan anak-anak, serta peralatan mandi dan cuci pakaian. Selain itu, sembako dan obat-obatan juga sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak.

Berita Lainya :  Plt. Sekjen Kemendagri Minta Pemda Perhatikan Kenaikan Harga Jelang HUT ke-79 Kemerdekaan RI
Posko Korban kebakaran

Sebagai langkah awal, LPBI NU telah melakukan assesment di lokasi kebakaran untuk mendapatkan gambaran situasi dan kebutuhan darurat. Selain itu, advokasi dan pendampingan juga diberikan kepada warga terdampak, terutama untuk memastikan hak-hak mereka terpenuhi di tengah situasi krisis ini.

Tak hanya itu, LPBI NU juga mengadakan pelayanan psikososial bagi anak-anak yang mengalami trauma akibat kebakaran ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak memulihkan kondisi psikologis mereka dan menghadapi masa sulit ini dengan lebih baik.

LPBI NU mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta membantu para korban kebakaran di Manggarai. Bantuan dapat berupa barang sesuai kebutuhan atau donasi yang akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan mendesak para korban. Bagi yang ingin memberikan bantuan, dapat menghubungi posko LPBI NU yang telah didirikan di lokasi kejadian.

Berita Lainya :  Ribuan Kader TP PKK dan Posyandu Lakukan Gerak Bersama Ciptakan Semangat Sehat dan Bahagia

Kebakaran di Jl. Dr. Saharjo ini merupakan pengingat akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. LPBI NU akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan segera sampai kepada yang membutuhkan.

Semoga seluruh warga terdampak diberikan kekuatan dalam menghadapi musibah ini, dan semua bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban mereka.

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU)

Related Articles

JAGAKAMPUNG TV

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Berita Saatkita News