27.8 C
Jakarta
Sunday, October 27, 2024
spot_img

Proyek PDAM Anggaran Triliunan Diduga Asal Jadi, Piva Saluran Primer PDAM Kota Bandar Lampung Jebol

Bandar Lampung. Jagakampung.com – Diduga kwalitas Piva primer PDAM Kota Bandar Lampung Tidak sesuai bestek dan dikerjakan asalan mengalami Jebol.

Titik jebol tersebut terjadi pada pipa saluran primer di Jalan Suekarno- Hatta, tepatnya di perapatan jalan Pulau Tegal Kelurahan Waydadi Kecamatan Sukarame.

Hasil pantauan media ini sabtu (22-06-2024), akibat dari jebolnya Pipa Primer PDAM kota Bandar Lampung tersebut, puluhan rumah warga dan jalan Pulau Tegal dan Gang Apel 1 terendam air.

Menurut Aminudin S.P ketua LSM Pembinaan Rakyat Lampung (PRL) jebolnya Pipa Primer PDAM Kota Bandar Lampung akibat dari pekerjaan yang asal-asalan mengesempingkan teknis serta kwalitas Piva yang tidak memenuhi Spesifikasi Teknis (Spektek) dan kental adanya dugaan Korupsi.

Berita Lainya :  LBH Ampel : Perusahaan Bisa Diadukan Kepengawas Ketenagaan Kerjaan Jika Pekerja Digaji di Bawah Ketentuan Peraturan

Dikatakan asal-asalan disebabkan kedalaman pemasangan piva tidak merata, ada beberapa titik yang sangat dangkal dari permukaan tanah.

Dugaan adanya nya Korupsi menurut Aminudin S.P, karena disinyalir bahan material piva tidak memehuni standar yang semestinya. Kuat dugaan rekanan membeli piva yang kurang berkwalitas agar sisa anggarannya dapat di Korupsi.

Aminudin Menambahkan, masalah pemasangan Piva PDAM tidak hanya sebatas jebolnya piva, tetapi pekerjan saluran sekunder yang melawati gang-gang seputaran rumah warga pun dikerjakan asalan, terutama setelah pemasangan piva, lubang-lubang bekas galian piva tidak di rapikan kembali, sehingga bila kita lewat gang-gang terkihat lubang-lubang bekas galian piva tidak rata, nyaris seperti timbunan kuburan bahkan beberapa titik aspal badan jalan mengalami kerusakan yang dibuarkan tidak diperbaiki kembali.

Berita Lainya :  Begal Motor di Desa Sinar Galih, Kec Jonggol, Kab Bogor Berhasil Ditangkap Babinsa Dibantu Warga

Terkait hal tersebut menurut Aminudin, pihaknya sedang melakukan pendataan dan investigasi menyeluruh untuk membuat kesimpulan untuk dilaporkan kepada Aparat Penegak Hukum.

Diketahui Proyek Saluran PDAM Kota Bandar Lampung dikerjakan secara multiyear sejak tahun 2021-2023.

Sampai berita ini dinaikkan, belum ada pihak PDAM kota Bandar Lampung maupun pihak rekanan yang dapat dihubungi guna dimintai tanggapan. (Tim)

Sumber realise : Pusat Pemberitaan Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Prov. Lampung.

Related Articles

JAGAKAMPUNG TV

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Berita Saatkita News