Ada Anggaran DAU Di Kelurahan Jatiasih Tidak Terserap

Jagakampung.com. Kota Bekasi – Program DAU (Dana Alokasi Umum) adalah salah satu program nasional yang dananya dialokasikan oleh pemerintah pusat ke daerah guna membantu daerah dalam memenuhi kebutuhan di setiap wilayahnya. Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Namun amat sangat disayangkan bila ada dana dari program yang dialokasikan oleh pemerintah pusat ini tidak dapat terserap. Seperti yang terjadi di wilayah Kota Bekasi, tepatnya Kelurahan Jatiasih, sebanyak Rp. 51.925.000,- lebih anggaran yang tidak terserap.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Jatiasih, Sakum Nugraha SE sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam program DAU tambahan Kelurahan Jatiasih pada Rabu sore (18/11/2020) mengakui kepada media terkait telatnya melakukan perubahan RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) yang akhirnya menjadi suatu permasalahan. “Perubahan RKA itu kita telat. Ada beberapa kelurahan yang telah merubahnya (red–RKA), saya juga koordinasi dengan yang lain, ternyata saat kita mau merubah kegiatan itu waktunya sudah habis,” ungkapnya.

WAJIB BACA :  Cari Pesawat Sriwijaya Air Yang Jatuh, Korpolairud Baharkam POLRI Kerahkan 9 Kapal Dan 4 Heli

Lebih lanjut dikatakan oleh Lurah Jatiasih ini bahwa tidak terserapnya anggaran itu lantaran kegiatan tersebut bertolak belakang dengan Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) pasca pandemi Covid-19. “Dalam ATHB  unsurnya ada 3M, satu kita harus pakai masker, kedua menjaga jarak, ketiga mencuci tangan. Nah, ada kegiatan yang bertolak belakang dengan ATHB yaitu kegiatan pelatihan yang mengumpulkan kurang lebih hampir 60 orang. Saat perencanaan (red-Musyawarah Kelurahan tahun 2019) itu kan gak tau bahwa akan ada pandemi di tahun ini. Kita kan mengumpulkan massa di situ, nah itu bertolak belakang dengan ATHB,” ungkapnya secara detail.

WAJIB BACA :  BPN Kota Bekasi Kembali Digeruduk Ratusan Warga Ahli Waris Jatikarya

Hal ini diketahui dari Surat Penundaan Pencairan Anggaran DAU TA. 2020 dengan Nomor: 050/310 – KL: Jta, yang dikirimkan Lurah Jatiasih pada 23 September 2020 kepada Camat Jatiasih, berkenaan dengan rencana penyerapan DAU Kelurahan Jatiasih Tahap II pada kegiatan pemberdayaan masyarakat akan ditunda pelaksanaannya. Ada dua item dalam kegiatan itu yaitu Pelatihan atau Bimtek Bank Sampah dan Pengadaan Sarana Kebersihan (Pengadaan Baktor).

Senada dengan Lurah, di lokasi yang sama Maan Sagita selaku Koordinator BKM Kelurahan Jatiasih menyatakan merasa tidak memiliki kendala apapun karena meskipun ada beberapa anggaran yang tidak terserap dalam pelaksanaan program tersebut, namun semua telah tertuang dalam addendum. “Bukti anggaran yang tidak kita serap itu tertuang dalam addendum perjanjian kontrak kita dengan Pak Lurah, yang tadinya Rp. 350 Juta, jadi Rp. 298 Juta,” jelas Maan Sagita, yang juga menjadi pelaksana kegiatan DAU tambahan Kelurahan Jatiasih Tahun 2020.

WAJIB BACA :  Diskusi Cerdas Incubator Bisnis Universitas Borobudur

Dan berdasarkan penjelasan dari Koordinator BKM Kelurahan Jatiasih, dari anggaran yang berhasil diserap hanya mampu melaksanakan 8 pekerjaan yaitu 4 kegiatan pembangunan Jalan Lingkungan dan 4 kegiatan pembangunan Saluran Air.(And)

Editor : J4N5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here